Ceramah M. Arifin Ilham - Masjid

Cahaya Hati - 2009-06-19 - M. Arifin Ilham - Masjid.mp3

Masjid adalah rumah Allah, dan kita diperintahkan untuk memperbanyak tasbih di rumah Allah(masjid) sebagaimana firman Allah dalam surah An-Nur ayat 36.

Cahaya (An-Nūr):36 - Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang,


Dalam sebuah hadist Qudsi :
Rumah Allah di muka bumi adalah masjid dan para kekasih-Ku adalah mereka yang memakmurkan masjid. Barangsiapa yang ingin mengunjungi-Ku, ingin berjumpa dengan-Ku maka hendaklah ia datang ke masjid. Wajib bagi Allah menghormati tamu-Nya.

Di akhir hadist diatas Allah mewajibkan diri-Nya untuk menghormati, memperlakukan dengan baik, mengabulkan permintaan tamu-nya. Disunnahkan juga kita untuk mengucapkan doa ketika masuk masjid :
Allahumaftahli abwaba rohmatik.
Yang artinya :
Ya Allah bukakan lah pintu-pintu rahmat-Mu.

Begitu besar keutamaan sholat berjamaah di masjid Rasulullah saw pernah bersabda :" seandainya ummat ku mengetahui fadilah sholat berjamaah di masjid maka merangkakpun mereka akan tetap berjamaah dimasjid".

Dikisahkan sahabat Nabi yang buta bernama Umi Makhtum bertanya : ya Rasulullah aku ini buta dan rumahku jauh dari masjid, apakah boleh aku sholat dirumah ?.
Rasulullah menjawab :"apakah kamu mendengar adzan? Iya jawab Umi Makhtum, lalu Nabi menjawab :"tidak ada alasan bagimu, kamu harus tetap sholat berjamaah dimasjid".



Download Ceramah KH. M. Arifin Ilham - Masjid.mp3