Ceramah M. Arifin Ilham - Akibat Makanan Haram

KH. M. Arifin Ilham - Akibat Makanan Haram.mp3

Memakan makanan haram termasuk dalam dosa besar seperti yang pernah di sampaikan Ust. Yusuf Mansur dalam tausiyah 10 dosa besar, dan dampak dari memakan makanan haram itu tidak hanya di akhirat tetapi juga di dunia sudah kita rasakan. Hasil usaha dari uang haram mungkin bisa besar melimpah, membuat orang yang melihat kita merasa terpukau bahkan iri tapi jangan lupa bahwa azab Allah pasti datang akibat dari makanan haram.

Untuk itulah Allah mengingatkan kita : "Hendaklah orang-orang yang beriman memperhatikan apa yang dia makan"

Makanan haram
1. Zat yang haram, seperti anjing, babi, ular, alkohol, dsb.
2. Cara mencarinya, seperti menipu, mencuri, merampok, hasil judi, dsb.
Walaupun zatnya halal tetapi jika cara mencarinya haram maka tetap haram.

"Maha suci hanya menerima yang sucu"

Kalau zat yang haram disebut Najis sedangkan cara mencarinya yang haram disebut Rijsun.

3. Apakah hak Allah ditunaikan, seperti zakat.

Nabi bersabda :"akan datang pada ummat-ku suatu zaman dimana mereka tidak lagi peduli dengan halal dan haram, semangat mereka hanya untuk perut mereka".

Akibat jika kita memakan makanan haram/tidak peduli dengan halal dan haram :
1. Tanda orang yang munafik.
2. Ibadah tidak akan diterima.
Dikisahkan ketika sahabat bersama Rasulullah di masjid ada seseorang yang berdoa sambil menangis, sahabat berkata "doa orang itu pasti dikabulkan karna ciri khusyuknya ada" lalu Rasulullah menjawab : "Jibril  memberitahuku bahwa doa orang itu di tolak oleh Allah" sahabat bertanya, kenapa ya Rasulullah ?

Lalu Rasulullah saw bersabda: "Kalian tidak tau bahwa pakaian yang dia pakai, makanan yang dia makan dan minuman yang dia minum adalah hasil dari mencuri, menipu. Bagaimana Allah akan mengabulkan doanya".

Orang yang memakan makanan haram sulit untuk beribadah, suka menunda untuk beribadah  kalaupun sholat itu hanya untuk menggugurkan kewajiban.


3. Mudah untuk melakukan dosa lagi.

Dan salah satu kedurhakaan terhadap keluarga adalah seorang ayah yang memberi makan keluarga, anak dan istrinya dengan uang yang haram.


Pengampunan (At-Tawbah):34 - Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih,

Pengampunan (At-Tawbah):35 - pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu".


Kita harus menjaga diri kita dari yang haram, ingat nasihat yang sering kita dengar bahwa salah satu pertanyaan di akhirat nanti adalah tentang harta, "darimana kita dapat dan kemana kita belanjakan".



Download Ceramah KH. M. Arifin Ilham - Akibat Makanan Haram.mp3