3 Prinsip Keadilan dalam Islam


3 Prinsip Keadilan dalam Islam
  1. Adil kepada Allah SWT
    • Jangan menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu apapun, baik secara terang-terangan ataupun secara sembunyi-sembunyi (syirik).
                        Perbuatan syirik ada 2 macam :
                              -Syirik Jali                                                   -Syirik Khafi
  1. Adil kepada sesama manusia, termasuk kepada yang berbeda agama, suku, ras, bahkan kepada binatang dan semua mahkluk ciptaan Allah SWT.
Nabi Muhammad SAW menegaskan :
“Barangsiapa yang mengganggu orang kafir zimmi (orang kafir yang ingin hidup damai dengan orang islam) maka itu sama dengan mengganggu aku”
Diantara contoh keadilan kepada orang yang berbeda agama : ketika Amr bin Ash yang merupakan seorang gubernur pada zaman khalifah Umar Bin Khattab. Di sebelah istana Amr bin Ash terdapat sebuah rumah orang yahudi miskin, dan karna beliau merasa terganggu dengan adanya rumah jelek di sebelah istananya ( punya orang yahudi) akhirnya Amr bin Ash mengeluarkan surat untuk membeli tanah dan rumah orang yahudi tersebut dan pembangunan Masjid di tanah milik yahudi tersebut. Akan tetapi karna orang yahudi tersebut tidak ingin menjual tanah satu-satunya kepada Amr bin Ash, akhirnya Amr bin Ash memaksa untuk melakukan pembangunan Masjid. Orang yahudi tersebut akhirnya melaporkan kejadian itu kepada khalifah Umar bin Khattab dan singkat cerita Umar bin Khattab mengirimkan peringatan kepada Amr bin Ash untuk berlaku adil kepada siapapun termasuk kepada orang yang berbeda agama sekalipun, dan Amr bin Ash membatalkan rencana pembangunan Masjid di tanah orang yahudi tersebut.

Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat Al-Maidah ayat 8 :
“Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu menjadi orang-orang yang selalu menegakkan kebenaran karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum membuatmu tidak berlaku adil. Berbuat adillah karena ia lebih mendekati ketakwaan.”

  1. Adil kepada diri kita sendiri, seperti adil kepada mata, kepada perut dan anggota badan yang lain.

Download ceramah singkat tentang prinsip keadilan dari K.H Zainuddin MZ - BerlakuAdil.mp3


NOTE : Tujuan dari semua materi yang ada di blog ini adalah untuk muhasabah /mengevaluasi diri, bukan untuk menilai/menghakimi orang lain. Jika ingin menyampaikan kepada saudara anda, teman, atau siapapun, temukan cara untuk menyampaikan dengan santun agar apa yang kita sampaikan bisa diterima.

Semoga bermanfaat, Amiin ya Robbal alamin… :)